Kamis, 02 Februari 2017

VISI MISI dan JENIS PELAYANAN PUSKESMAS KAWUNGANTEN



Visi dan misi kami adalah, visi menjadi tempat pelayanan kesehatan yang bermutu dan rujukan bagi pelayanan kesehatan sekitar, dan misi kami adalah
ü  Menjadikan puskesmas sebagai pusat pembangunan kesehatan
ü  Memberikan pelayanan prima yang bertumpu pada profesionalisme petugas
ü  Mengembangkan sarana dan prasarana untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan
Memberdayakan potensi keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan keluarga sehat dan      mandiri.
Sedangkan moto Puskesmas Kawunganten yaitu Kesehatan anda adalah kebahagiaan kami
Dalam rangka memberikan pelayanan yang paripurna kepada pasien dan keluarga kami memiliki Kebijakan Mutu dan Keselamatan Pasien : Kami seluruh karyawan  UPT Puskesmas Kawunganten berkomitmen :
ü  Memberikan Pelayanan yang berkualitas
ü  Meningkatkan profesionalisme tenaga kesehatan yang ada.
ü  Mendorong kemandirian masyarakat untuk berperan aktif dalam memberdayakan perilaku hidup bersih dan sehat
ü  Pengelolaan manajemen Puskesmas yang efektif dan efisien
ü  Menyelenggarakan sistem informasi Puskesmas yang cepat dan akurat.
Adapun tata nilai yang kami miliki adalah :
a.         Profesional : Memiliki kompetensi dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. 
b.        Ramah : Memiliki sikap yang sopan dan santun kepada seluruh masyarakat dan rekan sekerja. 
c.         Inisiatif & Inovatif : Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri dengan ide-ide kreatif serta memberi terobosan bagi peningkatan pelayanan kesehatan. 
d.         Malu : Memiliki budaya malu bila tidak melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 
e.        Akuntabel : Memberikan pelayanan kesehatan sesuai pedoman dan standar pelayanan yang ditetapkan, dapat diukur dan dipertanggung jawabkan.
UPT Puskesmas Kawunganten, menyelenggarakan Upaya Kesehatan yang terdiri dari :
UPAYA KESEHATAN PERORANGAN ( UKP )
1.         Pelayanan Kesehatan Umum Rawat Jalan
2.         Pelayanan Pengobatan Rawat inap 24 jam
3.         Persalinan 24 jam
4.         Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
5.         Pelayanan Gizi Perseorangan
6.         Pelayanan Kesehatan Calon Jemaah Haji
7.         Pelayanan Kesehatan Calon Pengantin
8.         Pelayanan Kir Kesehatan Dokter
9.         Pelayanan KIA KB
10.     Pelayanan Imunisasi
11.     Pelayanan UGD 24 jam ( Unit Gawat Darurat )
12.     Pelayanan Kefarmasian
13.     Pelayanan Laboratorium
Dengan jenis pemeriksaan :
Ø  Darah Rutin
Ø  Gula Darah
Ø  Asam urat
Ø  Cholesterol
Ø  Trigliserida
Ø  Tes kehamilan
Ø  Preperat malria
Ø  Widal test
Ø  BTA ( TB Paru )
Ø  HIV
UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT ( UKM )
A.        UKM Esensial
1.         Kesehatan Ibu dan Anak ( KIA ) yang bersifat UKM
v  Pedataan Sasaran
v  Konseling kesehatan Ibu, anak dan KB
v  Pelayanan kesehatan reproduksi remaja
v  Pemantauan kesehatan bayi, balita di posyandu
v  Kelas ibu hamil
v  Kelas ibu balita
v  Kunjungan rumah balita dan ibu hamil resiko tinggi
v  Pembinaan dukun bayi
v  Kegiatan SDIDTK
2.         Promosi Kesehatan ( POMKES )
v  Penyuluhan Kesehatan Kelompok dan Msyarakat
v  Pemantauan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat )
v  Pembinaan desa siaga
v  Mendorong upaya kesehatan bersumber masyarakat ( UKBM )
3.         Gizi
v  Konseling gizi
v  Intervensi gizi balita gizi buruk, gizi kurang, ibu hamil KEK
v  Pemantauan garam yudium
v  Pemberian vitamin A pada balita dan ibu nifas
v  Pendampingan ASI eksklusif dan IMD
v  Survailen gizi buruk
v  TTD mandiri di sekolah
v  Penyuluhan gizi
4.         Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P )
v  Kunjungan rumah
v  Konseling
v  Survailan
v  Imunisasi
v  EWARDS
v  Pencegahan, Pengobatan dan Penaggulangan penyakit menular dan penyakit tidak menular
5.         Kesehatan Lingkungan ( Kesling )
v  Peningkatan kualitas lingkungan dan sanitasi dasar
v  Penyehatan lingkungan pemukiman
v  Peningkatan kualitas lingkungan pada TTU, TUPM dan institusi
6.         Perkesmas
v  Kunjungan rumah
v  Konseling
v  Perawatan
B.        UKM Pengembangan
Usaha Kesehatan Lansia
Ø  Posyandu Lansia

Adapaun waktu pelayanan di Puskesmas adalah
1.         Jam buka pelayanan loket rawat jalan
ü  Senin – Kamis                                                                                                    : 08.00 - 12.30  WIB
ü  Jumat                                                                                                                    : 08.00 - 10.30  WIB
ü  Sabtu                                                                                                                    : 08.00 - 11.00  WIB
2.         Pelayanan  Unit Gawat Darurat (UGD)
3.          Ruang bersalin (PONED)                                                                                     : 24 jam setiap hari
4.         Pelayanan rawat jalan pada hari cuti bersama                                            : jam 08.00 - 11.00 WIB
5.         Pelayanan rawat inap dan persalinan                                                             : 24 jam setiap hari     
a.                         Jenis dan Jadual Pelayanan (Medis dan Penunjang)
ü Poli Umum                                                                                                     : Senin – Sabtu
ü Poli Gigi                                                                                                          : Senin – Jumat
ü Poli KIA, Konseling  Kesehatan Reproduksi, Gizi,                          : Senin – Sabtu
ü Imunisasi                                                                                                      : Senin –Jumat
ü Poli KB, MTBS dan  MTBM                                                                      : Senin – Sabtu
ü Pelayanan TB Paru dan Kusta                                                                : Senin – Jumat
ü Pelayanan Promosi Kesehatan, meliputi Penyuluhan Kesehatan,
Pendataan PHBS  rumah tangga dan sekolah                                 : Senin – Jumat.
ü Pelayanan Hygiene dan Sanitasi Kesehatan                                    : Senin – Jumat .
ü Laboratorium     
Trimaksih mempercayakan pelayanan kesehatan keluarga anda di UPT Puskesmas Kawunganten, silahkan melakukan pendaftaran dengan tertib dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Setiap pengguna layanan atau pasien di UPT Puskesmas Kawunganten mempunya hak dan  
kewajiban sesuai aturan yang berlaku meliputi :
a.         Hak
Ø  Memperoleh informasi mengenai tata tertib peraturan yang berlaku di puskesmas
Ø  Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban pasien
Ø  Memperoleh pelayanan yang manusiawi, adil, jujur dan tanpa diskriminasi
Ø  Mendapatkan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standart profesi dan stsndar prosedur
Ø  Memperoleh layanan yang efektifdan efisien sehingga pasien terhindar dari kerugian fisik dan materi
Ø  Memilih tenaga yang melayani apabila memungkinkan.
Ø  Meminta konsultasi ats penyakit yang dideritanya
Ø  Mendapatkan privasi dan kerahasiaan atas penyakit yang dideritanya termasuk data-data medisnya
Ø  Mendapatkan informasi yang meliputi diagnosa, dan tata cara tindakan medis, tujuan, adan alternatif tindakan medis, resiko dan komplikasi yang mungkin terjadidan prognosis tindakan yang dilakukan
Ø  Menolak atau tidak melanjutkan pengobatan
Ø  Memberikan persetujuan atau penolakan atas tindakan yang akan dilakukan oleh petugas kesehatan
Ø  Di dampingi keluarga dalam keadaan kritis
Ø  Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan nya selama tidak mengganggu pasien yang lain
Ø  Memperoleh keamanan dan keselamatan dirinya di dalam Puskesmas
Ø  Mengeluhkan pelayanan Puskesmas yang tidak sesuai dengans tandard pelayanan sesuai dengan mekanisme yang ditentukan.

b.        Kewajiban
Ø  Membawa Katu Identitas,
Ø  Membawa kartu berobat
-            Pengguna Layanan BPJS Kesehatan harus membawa Kartu BPJS
-            Pengguna layanan BPJS, Jamkesda/KCS harus membawa KTP, Kartu Keluarga, Buku KIA
Ø  Memberikan informasi yang lengkap dan jujur, tenyang masalah kesehatan.
Ø  Membayar sesuai dengan tarif dan ketentuan yang belaku
Ø  Mengikuti alur pelayanan puskesmas
Ø  Menaati aturan pelayanan
Ø  Mendahulukan pasien kritis/emergency
Ø  Mendahulukan pasien lansia
Apabila ada keluhan, saran atau pengaduan demi perbaikan mutu pelayanan di Puskesmas Kawunganten silakan menghubungi langsung Subbag Tata usaha atau  telpon ke nomor (0282) 611867, SMS 081 236 741 133, Email puskesmaskawunganten@gmail.com, atau menulis pada kertas yang telah kami siapkan dan masukan ke kotak saran yang tersedia. Tindaklanjut dari kotak saran akan kami tindaklanjuti dan di pampang di papan informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar